top of page

Kegiatan Baru "Rumah Tanah Liat Citra"


Kegiatan ecoprint adalah kegiatan seni menempelkan sari sari daun ke totebag
Kegiatan Ecoprint

Rumah Tanah Liat Citra (RTLC) menghadirkan kegiatan ecoprint sebagai salah satu program kreatif yang bertujuan untuk mengenalkan teknik pewarnaan alami pada kain dengan menggunakan bahan-bahan dari alam. Ecoprint adalah seni mentransfer warna dan bentuk daun, bunga, dan bagian tanaman lainnya ke kain, yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga unik dan artistik. Tujuan Kegiatan

  1. Meningkatkan Kreativitas: Memberikan peserta ruang untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui seni ecoprint.

  2. Pelestarian Lingkungan: Mengajarkan teknik pewarnaan alami yang ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan pewarna kimia.

  3. Pengembangan Keterampilan: Mengembangkan keterampilan baru dalam bidang seni tekstil.

Peningkatan Kesadaran Lingkungan: Meningkatkan kesadaran peserta terhadap pentingnya menjaga lingkungan melalui penggunaan bahan-bahan alami.

Rangkaian Kegiatan:


1). Pengenalan Ecoprint


2). Bahan dan Alat yang Digunakan: Memperkenalkan bahan-bahan alami seperti daun, bunga, dan bagian tanaman lainnya serta alat-alat yang dibutuhkan seperti kain, palu, dan bak mandi yang di campurkan air untuk proses penebalan warna.

Pengumpulan dan Persiapan Bahan Alami


3). Persiapan Bahan: mempersiapkan bahan-bahan alami untuk ecoprint, termasuk pemilihan Persiapan Kain.


4). Mordanting: Menjelaskan proses mordanting, yaitu persiapan kain dengan bahan pengikat warna agar hasil ecoprint lebih tajam dan tahan lama.

Proses Ecoprint

5). Penjelasan cara : Menunjukkan cara menata daun dan mengajarkan Teknik pemukulan untuk mentransfer warna dan bentuk daun ke totebag dengan menggunakan palu.- Pembersihan Kain: Menunjukkan cara membersihkan kain ecoprint setelah proses pengeringan.- Penghargaan: Memberikan penghargaan atau sertifikat kepada sekolah dengan.

Kesimpulan: Kegiatan ecoprint di Rumah Tanah Liat Citra adalah kegiatan yang luar biasa untuk belajar, berkreativitas, dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami dan teknik yang ramah lingkungan, peserta tidak hanya menghasilkan karya seni yang indah tetapi juga mendapatkan pengalaman yang mendalam dan bermanfaat dengan mengikut kegiatan ecoprint ini.

11 views0 comments

Commentaires


bottom of page